LAHAN ILLEGAL PT. NARITI DI EKSEKUSI BBKSDA SUMATERA UTARA

TIME-Tobasamosir, Minggu, 22-11-2015

BBKSDA Sumatera Utara melakukan Eksekusi di Areal perkebunan kelapa sawit PT. Nariti yang masuk dalam Kawasan Konservasi Suaka Margasatwa Dolok Surungan, kawasan konservasi yang sudah sekian lama dikuasai oleh perusahaan perkebunan PT. Nariti di tumbang oleh BBKSDA Sumut dengan menggunakan Cainshow sebanyak 30 unit, Akhirnya pihak BBKSDA berhasil melakukan Pemusnahan PT. Nariti yang akan di tumbang sebanyak ± 40 ha yang masuk dalam kawasan SMDS, PT. Nariti dimiliki oleh Salomo Hutabarat Warga Aek Kanopan, Labuhanbatu Utara.

Eksekusi penumbangan pohon kelapa sawit yang sudah ditanam lebih kurang 15 tahun oleh perusahaan akhirnya di tumbang. kegiatan eksekusi sudah berlangsung tiga hari, sejak 20/11/2015 sampai dengan selesai. Salah satu dari masyarakat peduli Dolok Surungan, yang juga seorang guru, yang saat ini juga bergabung di TIME – (Tindakan Investigasi Memantau Ekosistem) melakukan kegiatan Peningkatan Kesadaran Konservasi Pelajar Tentang Kawasan Suaka Margasatwa Dolok Surungan, membawa langsung anggota Pramuka, pramuka dari Kwarran Aek Songsongan Asahan, untuk melihat langsung proses Eksekusi PT. Nariti, Kegiatan dimulai pada pukul 8.00 WIB, anggota Pramuka berjumlah 8 orang tiba di rumah Sidik S.Pd (TIME- COMMUNITY DEVELOPMENT) langsung mengadakan apel, serta memberi arahan bagaimana sistem bekerja dilapangan. Anggota pramuka dipimpin oleh Kwarran langsung yaitu B. Sidabutar.

Dalam arahannya meminta setiap anggota pramuka harus mengikuti petunjuk dari BBKSDA Sumut guna menghindari hal yang tidak diinginkan, Selanjutnya setiap anggota pramuka diberi tugas untuk menggali informasi dari petugas BBKSDA Sumut mengenai hal pelaksanaan eksekusi lahan serta keberadaan KSM Dolok Surungan. Setelah tiba di areal SM.Dolok Surungan, pelajar pramuka mengadakan apel laporan pada petugas BBKSDA Sumut di terima oleh Joko Istanto selaku Komandan Operasi, dalam arahannya komandan operasi sangat terharu dan mengucapkan ribuan terimakasih kepada ketua pelaksana kegiatan pendidikan konservasi, Sidik S.Pd dan anak didik pramuka, yang sudah membangun karakter cinta lingkungan pada generasi muda, saya selaku BBKSDA sangat apresiasi sekali dengan kegiatan ini dan adik-adik nantinya dapat bercerita ke masyarakat tentang kegiatan yang dilakukan BBKSDA, serta memberi informasi yang benar tentang hutan ini, intinya kami dan pramuka sehati yaitu cinta terhadap lingkungan, kata Joko Istanto dalam arahannya, selanjutnya disahuti adik-adik pramuka dengan sikap TRI SATYA nya, SIAP Pak !!!!!!! Adik-adik pramuka dan Sidik Spd (TIME) mengadakan kerja dan pengamatan langsung di lahan konservasi yang di eksekusi, setelah mendapat petunjuk dari BBKSDA Sumut, semangat dan antusias mereka langsung ke lokasi dengan membawa perbekalan air minum dan kertas dan pena serta menuliskan informasi, apa yang mereka lihat dan mereka dengar, menuangkan dalam satu tulisan tentang kondisi yang sedang terjadi di SM.Dolok Surungan.

Pretty Tantina Sari, yang ikut serta dalam kegiatan Peningkatan Kesadaran Konservasi Pelajar Tentang Kawasan Suaka Margasatwa Dolok Surungan, pengamatan langsung proses eksekusi mengatakan” saya seorang pelajar yang tinggal di dusun 7, Desa Meranti Timur – Pintu Pohan, Tobasamosir, sekitar kawasan SM.Dolok Surungan. Kami anggota pramuka sangat senang dan bangga dengan BBKSDA Sumut, telah berhasil melakukan eksekusi penumbangan kelapa sawit di PT. Nariti, saya setiap hari mendengar suara Cainshow di dekat rumah saya, saya sangat bangga rumah saya dekat dengan Suaka Margasatwa tetapi sekarang ini juga masih ada orang membuka hutan di SM. Dolok Surungan, saya sangat sedih sekali lihat hutan ditebang perambah dan ditanami kelapa sawit, kasihan melihat hewan – hewan yang ada di Dolok Surungan, padahal dihutan kami ada Harimau, Tapir, Burung Rangkong, Primata, kenapa saya sedih lihat SM.Dolok Surungan sekarang, karena sejak saya masih kelas 3 sekolah dasar saya ikut serta untuk menyelamatkan Dolok Surungan, yang diajarkan oleh ayah saya, selalu menjaga melestarikan hutan dan satwa. saya bangga telah ikut serta untuk menyelamatkan SM.Dolok Surungan, semoga perambah hutan SM.Dolok Surungan di dekat rumah saya juga di eksekusi secepatnya. Kata Pretty dan Harapannya. ( TIME. S-40)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *